Apa itu Komputer grafik ??? o,O’

Komputer Grafik* atau Grafika Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang menghasilkan gambar 2D, kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D yang lebih heboh dan canggih.

Komputer grafik merupakan suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. 

Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter :

pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi

Sistem interaktif grafik pertama, Sketchpad, ditemukan oleh Ivan Sutherland (1963) di MIT.

Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Sedangkan yang termasuk dalam disiplin ilmu ini adalah Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang, Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan, Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya, Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar. Visualisasi terhadap dunia nyata ke dalam obyek grafis merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi komputer grafik.

Kerangka Grafika Komputer Interaktif

  • Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara
  • Aplikasi dan display hardware (GraphicsSystem)
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
  • Citra merupakanhasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Pemodelan Geometris

Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :  Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna), Dan lain-lain …

Pemodelan Geometris yang lebih rumit : • Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain. • Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah. • CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

Elemen-elemen Pembentuk Grafik:

  1. Geometri
  2. Pemrosesan Citra untuk ditampilkan di Layar
  3.  Hardware Display Grafik : Vektor Vektor adalahpenggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.   Arsitektur vektor
  4. Hardware Display Grafik : Raster Raster (bitmap, pixmap) adalah Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium lain.  Arsitektur raster

Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Komputer Grafik

  • Geometry (2D, 3D)
  •  Trigonometry
  •  Vector spaces
  •  Points, vectors, dan koordinat
  •  Dot dan cross products

Sejarah Perkembangan Komputer Grafik

  • Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
  • 1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
  • 1963 : ditermukan Sutherland (MIT), -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),-Mouse oleh Douglas Englebert
  • 1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
  • 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
  • 1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
  • 1971: ditemukan Gouraud Shading,
  • 1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
  • 1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger: Keyframe animation and morph ing
  • 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
  • 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  • 1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
  • Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
  • 1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
  • 1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
  • 1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
  • 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
  • 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
  • Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
  • Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Dengan teknologi komputer grafik yang semakin canggih/hebat/dahsyat dewasa ini, bahkan tokoh ciptaan komputer pun terlihat seakan nyata. Mulai dari bentuk yang sempurna mendekati asli dan gerak tubuh yang luwes (gak kaku lagi). Padahal itu semua hanyalah rekayasa komputer grafik semata. Sekian beberapa ketikan saya dan beberapa copy paste saya tentang komputer grafik*.

*Komputer grafik merupakan salah satu mata kuliah yang saya terima di kampus Trunojoyo

This entry was published on September 24, 2011 at 3:37 pm and is filed under Komputer Grafik, kuliah. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Apa itu Komputer grafik ??? o,O’

  1. Mantab rusdi postingannya,,,,, Lanjutkan,,,!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: